Kamis, Juni 04, 2009

Bupati Cilacap Ditahan di Sel Orientasi

SEMARANG - Bupati Cilacap Probo Yulastoro yang tersangkut kasus korupsi senilai Rp21,8 miliar hingga kini ditahan di sel orientasi Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane Semarang. Sel orientasi menurut Kepala LP Kedungpane Windarso diperuntukkan bagi seorang tahanan baru.

"Probo Yulastoro ditempatkan di sel orientasi bersama 50 tahanan baru yang lain. Dia tidak mendapatkan perlakuan khusus meskipun statusnya adalah Bupati Cilacap," kata Windarso, Rabu (3/6/2009).

Sementara itu Kepala Divisi Pemasyarakatan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah, Bambang Winahyo secara terpisah mengatakan status Bupati Cilacap masih sebagai tahanan titipan sehingga dicampur dengan tahanan baru yang lain.

"Kita harus terpaku pada azas praduga tak bersalah karena memang keputusan pengadilan belum ada. Dia masih akan berada di sel orientasi sampai ada keputusan pengadilan. Saya jamin dia juga tidak akan mendapatkan perilaku yang istimewa," kata Bambang Winahyo.

Kemarin pukul 17.00 WIB Bupati Cilacap Probo Yulastoro ditahan di LP Kedungpane setelah diperiksa selama 9 jam oleh penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah.

Penyimpangan dana yang dilakukannya antara lain adalah penyimpangan pembayaran restribusi PT Pelindo III Cabang Tanjung Intan kepada Pemkab Cilacap 2004-2005, korupsi dana operasional koordinasi pengendalian pendapatan daerah 2006, dan kasus penerimaan dana intensif pajak bumi dan bangunan (PBB) 2005-2006.

(fit)



Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com