Jumat, Juni 12, 2009

Cuaca Ekstrem, Hujan Es Mengancam 12-15 Juni

Nurul Hidayati - detikNews

Jakarta - Cuaca ekstrem yang terjadi pada 9-11 Juni masih mengancam Jakarta dan sekitarnya pada periode 12-15 Juni. Selain hujan deras disertai angin kencang dan petir, hujan es juga mungkin terjadi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melansir, kondisi suhu muka laut pada wilayah perairan Indonesia di sebelah utara khatulistiwa serta di sebagian perairan di sebelah selatan khatulistiwa relatif semakin hangat.

Kondisi ini memperbesar kemungkinan munculnya daerah pusat tekanan rendah, memperbesar suplai uap air serta terjadinya hujan khususnya bagi wilayah yang berdekatan dengan perairan tersebut. Tidak terdapat fenomena atmosfer dalam skala regional maupun global yang memberi pengaruh langsung terhadap kondisi cuaca ekstrim.

Namun tetap perlu diwaspadai adanya aktivitas konvektif yang merupakan aktivitas atmosfer berskala lokal di mana kondisi tersebut dapat terjadi di banyak tempat di seluruh wilayah Indonesia dan dampak yang dapat ditimbulkan berupa terjadinya hujan lebat, angin kencang dan petir, hujan es dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah:

Sumatera bagian selatan
Bengkulu dan Lampung
Jawa bagian barat dan tengah
Jabodetabek
Sulawesi bagian utara
Maluku bagian utara
Papua bagian utara

(nrl/nrl)



Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com