Minggu, April 26, 2009

Rakernas II Ditutup, PD Minta SBY Pilih Sendiri Siapa Cawapresnya

Novi Christiastuti Adiputri - detikPemilu



Jakarta - Partai Demokrat (PD) resmi mencalonkan Ketua Dewan Pembinanya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai presiden. Soal siapa cawapresnya, SBY diminta memilih sendiri.

"Langkah-langkah ke depan itu adalah untuk penentuan cawapres, tapi kami beri mandat kepada Pak SBY untuk memilih sendiri," kata Ketua DPP PD Andi Mallarangeng saat jumpa pers usai penutupan Rakernas II PD di arena PRJ, Kemayoran, Jakarta, Minggu (26/4/2009) petang.

Menurut Andi, masih ada cukup waktu bagi SBY untuk memilih-milih siapa cawapres pendampingnya hingga 10 Mei mendatang. "Insya Allah SBY menentukan dan Demokrat mendukung," jelasnya.

Andi menambahkan, dari awal PD juga konsisten menjalin komunikasi dengan partai lain dalam rangka koalisi.

Pada kesempatan itu, Ketua DPP PD Anas Urbaningrum menambahkan, jajaran DPP tidak akan memaksa SBY untuk menetapkan cawapres tertentu. Tim 9 akan terus bekerja sampai terbentuk koalisi yang definitif setelah SBY menentukan cawapres.

Disinggung mengenai siapa kandidat cawapres SBY, Anas mengatakan bisa saja orang atau tokoh yang sejalan dan sesuai dengan lima kriteria yang telah disampaikan ke publik. Rakernas kali ini menyepakati tidak ada kriteria tambahan soal cawapres SBY.

"Kita sepakat untuk tidak memberikan tambahan kriteria dan memberikan mandat sepenuhnya kepada SBY untuk menentukan," pungkas Andi. ( irw / asy )



Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com