Selasa, November 09, 2010

Arti Penting Lawatan Obama ke Indonesia


SENADAFM@Presiden Amerika Serikat Barack Obama memulai lawatan sepuluh harinya ke beberapa negara Asia pada Jumat, 5 November 2010. India menjadi negara pertama dikunjungi Obama, selanjutnya Indonesia, Jepang dan Korea Selatan.

"fullpost">


Bagi Indonesia, ini adalah ketiga kalinya Obama merencanakan berkunjung, setelah dua rencana sebelumnya tertunda. Pembatalan pertama dilakukan pada Maret lalu karena Obama tengah memperjuangkan UU Reformasi Kesehatan yang digagasnya.

Pembatalan kedua dilakukan pada Juni, setelah terjadi kebocoran sumur minyak milik perusahaan Inggris, BP di Teluk Meksiko. Obama enggan keluar negeri di kala negaranya sedang tertimpa musibah.

Tak ingin gagal berkunjung ketiga kalinya, Obama mengumumkan rencananya ke Indonesia?termasuk India, Jepang dan Korea Selatan-- di hadapan para anggota Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di New York, 23 September 2010. Kala itu, Obama menyatakan tekadnya mengunjungi Indonesia pada akhir tahun ini.

Pernyataan kunjungan itu diperkuat oleh Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Ben Rhodes. Dia mengumumkan secara resmi jadwal kunjungan Obama, Kamis, 28 Oktober 2010. Besok, 9 November 2010, Obama direncanakan tiba di Indonesia, lalu melanjutkan perjalanannya ke Jepang pada Rabu sore,

Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com