Jumat, Januari 21, 2011

John Jerome Miliki Tiga Buah Paspor AS

chelsea senada

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – John Jerome Grice, warga negara AS yang diduga menjadi actor dalam pembuatan paspor palsu atas nama Sony Laksono yang digunakan Gayus Tambunan ke luar negeri memliki tiga buah paspor. Ketiga paspor yang dimilikinya itu merupakan paspor AS. “Dia punya tiga buah paspor,” kata Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar di kantornya, Jumat (21/1).

Patrialis menduga, Grice melibatkan mafia paspor palsu internasional untuk mengeluarkan paspor untuk Gayus. Saat ini, pihaknya telah menyerahkan penyelidikan tentang itu ke pihak kepolisian. “Saya juga belum dapat laporan di mana keberadaan Grice itu,” ujarnya.

Patrialis mengatakan, mengenai penyelidikan itu Polri memiliki kemampuan khusus lebih baik dari pada tim khusus Kemenkumham soal paspor palsu. Pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan Polri terkait temuan-temuan hasil penyelidikan. Namun, ia enggan untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai perkembangan penyelidikan itu.

Ditanya soal dugaan paspor Republik Guyana yang diduga juga digunakan oleh Gayus, Patrialis mengatakan pihaknya dilibatkan dalam penyelidikan itu oleh Polri. Namun, tim dari Kemenkumham tidak melakukan penyeldikan itu hingga ke Guyana. “Kita percaya lah sama Polri, tapi kita juga sudah memberikan masukan-masukan terkait penyelidikan itu,” kata Patrialis.

Gayus Tambunan adalah seorang pegawai Pajak Departemen Keuangan. Ia ditahan sejak April 2010 karena dugaan kasus mafia hukum dan mafia pajak. Selama masa penahanannya, Gayus berulang kali keluar dari penjara di Rumah Tahanan Brimob, Kelapa Dua, Depok dan bepergian ke Bali dan sejumlah negara. Untuk bisa bepergian ke luar negeri itu, Gayus menggunakan paspor palsu atas nama Sony Laksono . Diduga, actor dibalik pembuatan paspor itu adalah John Jerome Grice, warga negara AS.

Kabar terakhir menyebutkan, Mabes Polri menemukan foto paspor Republik Guyana dengan gambar mirip Gayus Tambunan dan Milana Anggraieni. Dalam foto itu nampak gambar mirip Gayus mengenakan jas, tidak berkacamata, dengan nama Yosep Morris. Selain foto mirip Gayus, foto mirip istri Gayus, Milana Anggraieni dengan nama Ann Morris.

Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com