Rabu, November 26, 2008

Arab Saudi Hadang Haji Paspor Hijau

Makkah - Untuk menjamin optimalnya pelayanan para tamu Allah dari berbagai penjuru dunia, pemerintah Arab Saudi memperketat pemeriksaan izin haji bagi penduduk Makkah,

Akibat ketatnya pemeriksan (taftis) oleh jawazat (petugas Imigrasi) yang dibantu mubahiz (ulama) ini banyak sekali mukimin dan jamaah haji dari penjuru dunia yang tidak menggunakan paspor haji ditahan untuk dapat masuk kota Makkah. Hal ini seperti yang dialami keluarga dari mukimin yang akan menjenguk saudaranya yang sedang berhaji di Makkah, Mohammad Sirot.

Namun, di sela-sela ketatnya sistem pemeriksanaan ini, lanjut Sirot, biasanya masih ada yang menggunakan cara-cara khusus untuk dapat lolos. Salah satunya dengan cara menggunakan jasa taksi dengan biaya yang berlipat ganda. Jasa yang biasanya hanya 10 real bisa menjadi 100 real.

Dengan naik taksi. Kalau biasanya membayar 10 real, biasanya ditarik 100 real dengan jaminan bisa lolos pemeriksanaan. Itu pun sopir taksinya harus berusaha keras. Kalau gagal dari satu pintu, masuk pintu lainnya,"terangnya.

Di setiap taftis, bus-bus yang mengangkut jamaah akan dicek dengan seksama. Jika ditemukan dokumen yang tidak sesuai dengan catatan muassasah dan jumlah jamaah, bus tersebut akan ditahan sampai semuanya menjadi jelas.

Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com