Selasa, Agustus 26, 2008

1.600 Paspor JCH Dikirim ke Dubes Arab Saudi

Selasa, 26 Agustus 2008
PEKANBARU (RP) -Sebanyak 1.600 Paspor Jamaah Calon Haji (JCH) asal Provinsi Riau dikirimkan ke Duta Besar Arab Saudi di Jakarta untuk divisakan. Ribuan paspor JCH ini dikirim Kantor Wilayah (Kawil) Departemen Agama (Depag) Senin (25/8) lalu.

Dengan dikirimkannya ribuan paspor JCH asal Riau ini berarti masih tersisa 3.408 paspor yang saat ini masih dilakukan nominatif oleh Kanwil Depag sesuai dengan susunan nomor porsi yang ditetapkan oleh Depag. Sedangkan hingga kemarin, petugas Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) masih terlihat melakukan pemeriksaan identitas, baik nama, pas photo, stempel Kandepag hingga tandatangan Kandepag di paspor JCH Riau tesebut.

‘’Kanwil Depag hingga hari ini, kami masih tetap melakukan nominatif paspor JCH yang sudah diserahkan oleh Kandepag kabupaten kota. Hal ini kami lakukan agar tak terjadi kesalahan dalam peletakan photo dan masih ada belum ditandatangani Kakandepag,’’ jelas Kepala Kanwil Depag melalui Kabid Haji Zakat dan Wakaf HM Saman SSos MSi kepada Riau Pos.

Saman menjelaskan, jika tak ada permasalahan proses pemvisaan paspor JCH sebanyak 1600 itu bisa selesai dalam dua pekan ini. ‘’Kita berharap sebelum Hari Raya Idul Fitri 1429 Hijriah nanti paspor JCH Riau sudah selesai divisakan. Karena kita prediksi akhir Agustus nanti paspor sudah diserahkan semuanya ke Duta Besar Arab Saudi di Jakarta,’’ ungkap Saman lagi.

Jumlah paspor JCH yang sudah selesai pelaksanaan nominatif (pendaftaran JCH yang dipastikan berangkat, red) hingga kemarin jumlahnya mencapai 2467 paspor.

Setelah penyelesaian permasalahan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), pencetakan paspor, pemvisaan di Duta Besar Arab Saudi. Maka setelah Idul Fitri 1429 ini nantinya bisa pembentukan kloter JCH yang ada di kabupaten dan kota.

Kabid Haji Zakat dan Wakaf yang sebelumnya pernah menduduki Kabag Humas Kanwil Depag Riau ini juga menegaskan, hingga kemarin jumlah JCH yang sudah melunasi BPIH jumlahnya mencapai 4.463 orang. ‘’Jadi tinggal 545 JCH asal Riau yang belum melunasi BPIH, akan tetapi waktu masih panjang,’’ kata Saman.(esi)

Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com