Kamis, September 18, 2008

CS, RZ-MM dan Tampan Tuntas Kampanye

PEKANBARU (RP) - Tiga pasang Calon Gubernur Riau (Cagubri) dan Calon Wakil Gubernur Riau (Cawagubri) menuntaskan rangkaian kampenye di zona kampanye smasing-masing, Rabu (17/9). Hari ini, jadwal ketiga pasangan melakukan kampanye di Kota Pekanbaru dan dilanjutkan dengan debat kandidat di Hotel Pangeran, Pekanbaru yang juga ditayangkan Metro TV secara live.

Kemarin, Cagubri nomor urut 1 drh Chaidir MM menanggapi banyaknya SMS yang beredar dengan menyebutkan dukungan kepada salah satu calon merupakan usaha kreatif dari pihak-pihak tertentu. Pasangan CS, menurutnya tidak terpengaruh dengan klaim-klaim tersebut sebab pemilih di Riau sudah cerdas.

‘’Silakan saja klaim, baik melalui SMS ataupun selebaran. Saya dan Pak Suryadi (Cawagubri, red) hanya tersenyum dalam menyikapinya. Ini pertanda masyarakat kita sudah kreatif dan, insya Allah, pemilih kita semakin cerdas. Survei-survei itu banyak yang menguntungkan CS, dan tidak sedikit pula yang meletakkan CS di posisi terbawah. Tidak ada masalah,’’ kata Chaidir, tersenyum ketika dimintai komentarnya, Rabu (17/9).

Demikian pula terhadap klaim kemenangan yang disampaikan calon lain melalui lembaga survei tertentu. Menurut Chaidir, dirinya sadar diri karena sebagai calon yang kurang mendapat dukungan dana, ia tidak bisa memberikan kesempatan kepada lembaga-lembaga yang pro-CS untuk melakukan penelitian.

Terhadap dukungan yang keliru, Chaidir mencontohkan, sebelumnya ada paguyuban daerah yang mengklaim bahwa mereka sudah mendukung bulat salah satu calon. ‘’Namun ternyata induk organisasi paguyuban tersebut, yakni IKMR Provinsi Riau, meminta agar dukungan tersebut diralat. Hal yang sama juga terjadi pada paguyuban Nias. Belakangan organisasi tersebut secara resmi menyerahkan dukungannya kepada CS, seraya mengatakan dukungan yang sebelumnya hanyalah pernyataan pribadi oknum,’’ sebut Chaidir lagi.

Di hari terakhir kampanye zona, Chaidir mengungkapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya terhadap dukungan seluruh masyarakat Riau selama pasangan CS menyinggahi seluruh kabupaten/kota. ‘’Kami yakin bahwa dukungan tersebut sangat ikhlas, karena tidak ada yang mampu kami iming-imingi secara materi kepada mereka. Semoga doa mereka, dan tentu saja kami, bersama CS Riau berubah ke arah yang jauh lebih baik daripada yang sekarang,’’ katanya.

Dalam pada itu ia juga menambahkan, selama berada di daerah-daerah pihaknya mendapat secara pribadi dari sejumlah pengurus dan kader PPP. ‘’Kami sangat menghargai perhatian mereka, meskipun secara institusi PPP mendukung kandidat yang lain,’’ tutup Chaidir.

RZ Terharu

Sementara itu, hari terakhir kampanye zona, pasangan nomor urut 2, HM Rusli Zainal-HR Mambang Mit (RZ-MM), mengakhirinya kampanye di beberapa kota kecil di kabupaten Indragiri Hilir. Di antaranya Kota Baru, Pulau Kijang dan Pulau Kecil, kecamatan Reteh-Inhil.

Dalam siaran pers yang diterima Riau Pos, sebelumnya perjalanan dari Kemuning Tua menuju Kota baru, sempat diwarnai insiden. Perjalanan yang baru dimulai setelah Salat Tarawih, Selasa (17/9), harus melewati jalanan sempit dan berlumpur. Beberapa kali, rombongan terpaksa berhenti, akibat ada mobil terperosok ke dalam lubang. Baru pada pukul 03.00 WIB dini hari rombongan tiba di Kota Baru.

Dari Kota Baru-Kelintang, pagi Rabu (18/9), rombongan RZ dengan menggunakan speed boat menuju ke Pulau Kijang. Perjalanan melalui sungai ini memakan waktu sekitar 45 menit. Begitu sampai di Pulau Kijang, RZ disambut ribuan masyarakat Pulau Kijang.

Dalam orasi politiknya, RZ kembali mengingatkan, bahwa momen puncak Pilgubri, yakni waktu pencoblosan 22 September 2008, kian dekat. Masyarakat hendaknya menggunakan hak suara mereka dan memilih pemimpin yang sudah berpengalaman.

Sebagai mantan Bupati Inhil, kedatangan RZ sebagai mantan Gubri dan kini Cagubri 2008-2013, benar-benar menyedot perhatian masyarakat. Ratusan sepeda motor, secara spontanitas mengawal keberangkatan Rusli menuju ke Pulau Kecil untuk meninjau korban kebakaran.

Dalam rangkaian kampanye terakhir ini, sosok Cagubri HM Rusli Zainal selalu menjadi pusat perhatian. Berbagai kalangan menyambutnya, mulai dari bapak-bapak, ibu-ibu, remaja, anak-anak bahkan kalangan orang tua renta.

Kampanye terakhir Rusli, dihabiskan dengan mengunjungi desa-desa di kawasan pinggir Kabupaten Indragiri Hilir. Setelah mengunjungi Kota Baru, Pulau Kijang, Pulau Kecil, RZ yang menggunakan pancung (sejenis speedboat), mendadak singgah ke Desa Pebenaan.

Meski datang spontanitas, RZ didampingi istri Hj Septina Primawati Rusli, disambut antusias ratusan warga. Di tempat ini, RZ menginfaqkan rezekinya sebesar Rp30 juta untuk pembangunan masjid, sedekah anak yatim dan kaum dhuafa.

Sebelumnya di Pulau Kecil, RZ juga menyempatkan bersilahturahmi dengan warga korban kebakaran di Pasar Pulau Kecil. 105 KK yang menjadi korban kebakaran di pulau pelosok ini, mendapatkan bantuan sosial sebesar Rp50 juta.

‘’Ini semua sumbangan saya pribadi, karena sebagian rezeki yang saya miliki, menjadi hak mereka. Saya juga mengucapkan syukur dan haru, antusias masyarakat menyambut saya dihari terakhir kampanye, sangat luar biasa,’’ kata Rusli pada wartawan.

Ada kejadian menarik kemairn. Seorang wanita bernama Nilam (81) dengan langkah tertatih-tatih berjalan ke arah keramaian. Cagubri HM Rusli Zainal, baru saja datang ke desanya, Desa Pebenaan, Keritang Indragiri Hilir, Rabu (17/9) sekitar pukul 14.00 WIB. Hampir 81 tahun usianya, Nilam tak pernah berjumpa dengan pejabat besar.

‘’Tolong bantu saye jumpe Pak Gubernur Rusli,’’ ujarnya meminta tolong pada RPG, yang juga ikut dalam rangkaian kampanye RZ ke desa-desa. Begitu melihat wajah Rusli, airmata Nilam pun jatuh. Rusli merangkul tubuh renta Nilam dengan erat seraya mengucapkan terimakasih.

Sebait doa, diucapkan Nilam bagi kemenangan Rusli Zainal di Pilgubri 2008. ‘’Saye tak pernah tinggalkan puasa, semoga doa saye terkabul, Pak Rusli jadi Pak Gubernur lagi,’’ ungkap Nilam dengan suara bergetar.

Thamsir Disambut Ribuan Pendukung

Sementara itu, Cagubri Drs HR Thamsir Rachman MM yang berpasangan dengan Cawagubri H Taufan Andoso Yakin SE MM (Tampan) disambut antusias ribuan massa pendukungan, Rabu (17/9) di Rohil. Bukan hanya itu, masyarakat berlomba-lomba untuk bersalaman dan berangkulan dengannya sembari meneriakkan yel-yel hidup nomor tiga. ‘’Hidup nomor tiga, hidup Pak Thamsir,’’ ujar massa pendukungnya sahut-sahutan.

Tiba di Ibu Kota Rohil, Bagansiapi-api, ribuan pendukungnya langsung mengarak Thamsir keliling kota. Thamsir dielu-elukan dan massa pendukung itu rela berpanas-panasan untuk mengarak Thamsir keliling Kota Bagansiapi-api.

‘’Kami hanya ingin Pak Thamsir yang memimpin Riau. Masyarakat sangat mengidolakan Pak Thamsir. Kami yakin, beliau akan terpilih menjadi Gubri pada 22 September mendatang,’’ ungkap Hj Suriati tokoh wanita Rohil yang juga ikut melibatkan diri menjadi Tim Pemenangan Tim Tampan.

Menurut Ketua DPD PAN Rohil ini, mayoritas masyarakat Rohil dan multi etnis telah menyatakan mendukung sepenuhnya Tampan. karena itu dia optimis, pasangan Tampan, akan terpilih pada Pilkada mendatang. ‘’Insya Allah, Pak Thamsir dan Mas Taufan akan mengungguli calon lainnya di Rohil,’’ janjinya.

Sambutan terhadap Thamsir di Kecamatan Bagan Sinembah juga luar biasa. Thamsir mendapat dukungan dari masyarakat ketika singgah di Posko Relawan Tampan di Bagan Senembah. Para pendukung setia berjanji akan memenangkan Thamsir dan Taufan di daerah mereka.

Sementara itu Cawagubri H Taufan Andoso Yakin (Mas Taufan) dalam beberapa hari belakangan dinyatakan tim suksesnya tetap dalam kondisi bugar dan tetap melaksanakan kampanye sesuai jadwal. ‘’Kalau ada yang menyebut Mas Taufan sedang sakit, itu tidak benar. Ia tetap bugar dan melaksanakan kampanye sesuai jadwal,’’ jelas salah seorang Tim Sukses Tampan (Thamsir Rachman-Taufan Andoso), Ir H Fendri Jaswir kepada Riau Pos, Rabu (17/9).

Disebutkannya, Mas Taufan berkampanye ke Penyasawan, Kabupaten Kampar. ‘’Di Musala Aisyiah Penyasawan, Kampar Mas Taufan berbuka puasa bersama, dan menjadi imam. Ia juga menyampaikan visi misi pasangan Tampan maju dalam Pilgubri,’’ katanya.

Malam sebelumnya, Mas Taufan juga melaksanakan kampanye di kawasan Perumahan Pandau Permai, Siak Hulu, Kampar. Di sini, ia juga menyampaikan visi dan misinya serta menyerahkan bantuan kepada tiga masjid, termasuk Masjid Raya yang berada di dalam Komplek Perumahan Pandau Permai.

Di sisi lain, Forum Pemuda Lintas Agama (Formula) Provinsi Riau memberikan dukungan kepada pasangan Tampan. ‘’Kami memberikan dukungan kepada pasangan Tampan, karena Tampanlah yang kami nilai pemimpin yang mengayomi masyarakat,’’ ungkap Ketua Umum Formula Raihan dalam konferensi persnya kepada wartawan, Selasa malam (15/9), di Hotel Ibis, Pekanbaru.

Kelompok yang tergabung dalam Tampan ini terdiri, Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kota Pekanbaru Afrizal Puri, Ketua Pegerakan Pemuda Islam Indonesia (PPII) Provinsi Riau Fadil Alwi, Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (Ibnu) Provinsi Riau Raihan, Wakil Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (Gamki) Provinsi Riau Jefri Sinaga.

Raihan menyebutkan, mengapa pada saat-saat terakhir Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pihaknya memberikan dukungan kepada Tampan, karena berdasarkan penilaian Formula yang cukup matang, Tampanlah yang mengayomi masyarakat sampai ke tingkat desa.

Apalagi Tampan memiliki komitmen memajukan desa. Kalau ingin menyejahterakan masyarakat Riau, memajukan desa merupakan program yang sangat bagus. Selain itu, pasangan ini menyayomi, karena tidak membeda-bedakan agama, suku dan ras.(fed/izl/afz/uli/nto/mar/rpg)

Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com