Selasa, September 23, 2008

Idaman Unggul di Inhil

TEMBILAHAN (RP) - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Inhil nomor urut 2, H Indra SH MH-H Rosman Malomo (Idaman), unggul sementara di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Inhil yang berlangsung, Senin (22/9). Meski belum hasil resmi, namun data tersebut diperoleh Riau Pos dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melalui masing-masing camatnya.

Untuk diketahui, khusus bagi warga Kabupaten Inhil pada Senin (22/9), melakukan pencoblosan dua kali, yakni untuk Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau dan Pemilihan Bupati Inhil. Pilkada Inhil diikuti empat pasang calon yakni pasangan M Yusuf-Fauzan Hamid (Yuspa) H Indra SH MH-H Rosman Malomo (Idaman), Syamsusin Uti-Subroto (Jisyamsu) dan Said Syarifuddin-Andi Ismet (Saidina).

Dari hasil penghitungan sementara pihak kecamatan di tujuh dari 17 kecamatan di Kabupaten Inhil hingga pukul 17.00 WIB, pasangan Idaman unggul bervarisi antara 52-60 persen. Di Kecamatan Enok, menurut Camat Abunawar GSM, pasangan M Yusuf-Fauzan Hamid (Yuspa) berhasil meraih 1.128 suara, pasangan Idaman metraih 8.324 suara dan Syamsusin Uti-Subroto (Jisyamsu) meraih 3.430. Satu data dari Desa Teluk Medan belum masuk.

Namun dari kecamatan lainnya belum didapatkan angka perolehan suara pasti. Di Kecamatan Kempas misalnya, menurut Camat Kempas RM Sudinoto SP MM, dari 53 TPS yang ada, 51 di antaranya dimenangkan Idaman dengan suara mutlak. Di Kecamatan Keritang, sesuai dengan penghitungan sementara yang dilakukan PPK kecamatan bersama dengan pemerintah kecamatan menunjukkan suara yang diperoleh Idaman sebesar 60 persen.

Sedangkan di Kecamatan Kateman, menurut Camat Kateman John Sapta Putra SSos MM, perhitungan sementara yang dilakukan pihaknya juga menunjukan secara keseluruhan keunggulan bagi pasangan Idaman. Di Reteh, menurut Camat Yulizal dalam siaran persnya, perhitungan sementara waktu suara Idaman di wilayah itu sekitar 68 persen.

Begitu juga di Kecamatan Pulau Burung seperti yang diungkapkan Camat Pulau Burung, Martha Haryadi, pasangan Idaman sementara waktu menunjukan keunggulannya. Hanya saja untuk persentase pasti, pihaknya masih melakukan penghitungan bersama dengan PPK.

Di Kecamatan Tembilahan, menurut Camat Tembilahan Drs Sirajuddin MM, sementara waktu suara Idaman masih lebih unggul. Dari 103 TPS yang ada di kecamatan itu, sekitar 20 di antaranya dimenangkan oleh pasangan lain. Sedangkan sisanya dimenangkan oleh Idaman.

‘’Untuk persentase kami belum bisa menyampaikan, karena sekarang masih dilakukan penghitungan. Tetapi sementara waktu Idaman masih menunjukkan keunggulannya,’’ ucap Sirajuddin.

Untuk Kelurahan Tembilahan Kota, TPS yang dimenangkan pasangan Said Syarifuddin-Andi Ismet (Saidina) berhasil unggul di TPS RT 01 Tembilahan Kota, TPS 06 Tembilahan Hilir, TPS 04 Tembilahan Hilir TPS 05 Tembilahan Hilir. Sedangkan pasangan Syamsuddin Uti-Subroto (Jisyamsu) berhasil menang di TPS 09 Tembilahan Hilir, TPS 02 Tembilahan Kota.

KPUD Indragiri Hilir (Inhil) menerapkan penghitungan secara konvensional. Untuk itu KPUD Inhil menunggu hasil penghitungan suara yang dilakukan pada tingkat PPK. Dijadwalkan jumlah suara secara keseluruhan baru didapatkan pada 24 September mendatang, itu sesuai dengan tahapan Pilbup Inhil.

Sedangkan penghitungan suara cepat (quick count) yang dilakukan oleh Relawan RZ dan Idaman Indragiri Hilir (Inhil), pada pukul 17.00 WIB perolehan suara H Indra Muchlis Adnan SH-H Rosman Malomo BSc berkisar 52 persen. Penghitungan ini berdasarkan masukan dari seluruh relawan yang ditempatkan sebagai saksi di seluruh TPS yang ada di Bumi Sri Gemilang. Selain itu dipadukan dengan data yang disampaikan oleh tiap camat kepada relawan RZ dan Indra Managemen. Data yang disampaikan itu dinyatakan sangat akurat karena setiap relawan yang menyampaikan data bertugas sebagai saksi di tiap TPS.

‘’Sampai pada pukul 17.00 WIB ini, Idaman mengantongi 52 persen suara. Kami jamin data ini akurat karena merupakan input dari seluruh relawan yang menjadi saksi di tiap TPS. Selain itu ditambah dengan input data dari seluruh camat. Kita masih melakukan prosesing data yang masuk. Dalam memproses data ini kita mengenyampingkan semua kepentingan, suara siapapun senantiasa dihitung,’’ kata Elda Suhanura, pengurus Relawan RZ dan Indra Managemen.(yon)

Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com