Senin, Februari 09, 2009

DPRD Sumut Rugi Rp300 Juta

MEDAN (RP) - Pasca-kerusUhan di Gedung DPRD Sumut pada tiga hari lalu, kerugian akibat kerusakan Gedung DPRD Sumut mencapai Rp300 juta.

Pasalnya, pada kerusuhan tersebut ada puluhan barang inventaris Sekretariat DPRD Sumut dirusak oleh ribuan masa penuntut pembentukan Provinsi Tapanuli (Protap).

Demikian disampaikan Sekretaris DPRD Sumut, Ridwan Bustan pada RPG (5/2) di Gedung DPRD Sumut. Menurutnya, kerusakan itu masih sebatas perkiraan saja, sedangkan angka pastinya pihaknya belum bisa menginventarisir. “Sampai kini kami belum bisa menginventarisir, sebab tim olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) masih menggelar kasus,” ucapnya.

Dia menyampaikan, bila dilihat secara kasat mata, kerusakan inventaris Gedung DPRD Sumut ada ratusan item. ‘’Mulai pagar hingga ke peralatan persidangan di ruang Paripurna DPRD Sumut. Bila semuanya dihitung, kerugian materil Sekretariat DPRD Sumut mencapai Rp300 jutaaan,’’ ujarnya.

Ditambahkannya, pihaknya akan melakukan inventarisir kerusakan setelah tim Olah TKP selesai bekerja. Untuk itulah, saat ini persidangan masih menggunakan ruang rapat pimpinan di sisi belakang Sekretariat Gedung DPRD Sumut lantai II. “Untuk saat ini masih membiarkan seluruh kerusakan itu, agar olah TKP bisa bekerja lebih objektif,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sumut, Hasbullah Hadi menyampaikan bila kerusakan dihitung secara keseluruhan, maka jumlahnya mencapai miliaran rupiah. Tapi, saat ini pihaknya sudah menyerahkan kepada Sekwan agar jangan ada yang dipindahkan terlebih dahulu, hal ini agar memudahkan Tim Olah TKP bisa memeriksanya. “Kalau dihitung miliaran rupiah, inilah total kerugiannya,” tegasnya.

Kerusakan ini, bebernya seluruhnya masih menyangkut kepada persoalan penyidikan. Sehingga seluruh elemen dan anggota DPRD Sumut tetap sabar dan jangan bertindak anarkis. Saat ini, ruang yang dipakai untuk paripurna menggunakan ruangan ala kadarnya saja di ruang rapat pimpinan. Berdasarkan amatan, kerusakan di Sekretariat DPRD Sumut masih berserakan. Baik itu sisi pagar hingga ke ruang sidang paripurna. Sejumlah pecahan kaca dan kursi-kursi masih berserakan.(ril/azf)

Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com