Sabtu, Februari 14, 2009

Titik Api di Riau Terbanyak

Pantauan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru, Jumat (13/2) di Sumatera terdapat tujuh hot spot atau titik api. Lima di antaranya terdapat di Riau dan tiga titik di Bengkalis, satu titik di Rohil dan satu titik lagi di Dumai, sedang dua titik lainnya di Sumatera terdapat di Sumut satu titik serta Bangka Belitung satu titik.
Padahal hari sebelumnya, Kamis (12/2) jumlah hot spot hanya satu titik, yakni di Sumut. Artinya, pada Jumat (13/2) titik api bertambah enam.

Jumlah hotspot hari ini, dari pantauan kami bertambah enam titik sehingga menjadi tujuh titik. Lima di antaranya justru terdapat di Riau dan terbanyak di Kabupaten Bengkalis,” ujar Staf Analisa BMG Pekanbaru Marzuki kepada Riau Pos, di ruang kerjanya.

Ditambahkannya, untuk memprediksi titik api memang sulit, sebab tergantung aktivitas apakah ada yang melakukannya atau tidak. Jumlahnya bisa saja bertambah lagi atau berkurang yang jelas berpeluang curah hujan di kawasan tersebut berkurang atau tergolong dalam kategori ringan hingga menengah pada dua hari ke depan.

Pihak BMG hanya bisa mengharapkan agar pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk lebih realistis. Maksudnya, jangan sampai membakar lahan hanya untuk keinginan pribadi semata. Pasalnya, jika membuka lahan dengan cara membakar, maka yang kena akibatnya orang banyak.

Curah Hujan
Meski titik api bertambah, namun menurut BMG dua hari ke depan curah hujan diprediksi tinggi, dan itu terjadi di Riau bagian timur dan selatan. Hanya saja, peluang angin kencang dan hujan berkapasitas sedang masih terjadi di Riau bagian selatan.

Walaupun sebenarnya, curah hujan di Riau cukup merata dan berkapasitas ringan hingga sedang, Walaupun sebenarnya, curah hujan di Riau cukup merata dan berkapasitas ringan hingga sedang, namun adanya angin puting beliung tak bisa diprediksi sama sekali. Kawasan Riau bagian selatan tersebut adalah Inhil, Inhu dan Kuansing.(hus)

Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com