Minggu, Februari 08, 2009

Nenek 60 Tahun Lahirkan Kembar

CALGARY (RP)-Bagi nenek di Kanada bagian barat ini, masa senja bukan saatnya menimang cucu, tapi justru menimang anak. Ya. Ranjit Hayer baru saja melahirkan bayi kembar dua laki-laki premature di usianya yang sudah 60 tahun. Buah hati itu sangat dinantikannya selama hampir 40 tahun perkawinannya.

Dilansir Associated Press Jumat (6/2), Hayer mendapatkan karunia indah setelah mengikuti program penyuburan di India. Dia melahirkan caesar di Rumah Sakit Calgary’s Foothills pada Selasa. ‘’Istri saya sangat sehat,’’ ujar Jagir Hayer, ayah bayi yang dinamai Manjot dan Gurpreet. ‘’Saya sangat bahagia. Akhirnya Tuhan memberi saya anak laki-laki. Saya akan merayakannya dalam pesta besar-besaran,’’ lanjutnya berbinar-binar.

Untuk kali pertama, ibu sepuh itu berbicara kepada CBC dari ranjangnya di rumah sakit pagi kemarin. Hayer menuturkan selama puluhan tahun dia mendambakan kehadiran si jabang bayi, baik secara alami maupun atas bantuan medis.

Program bayi tabung pertama mereka gagal, karena si dokter di India melarikan uang mereka. Pasangan itu kembali ke Kanada dan menabung lagi selama beberapa tahun. Ketika uang sudah terkumpul, mereka kembali ke Negeri Bollywood dan mencoba dengan melakukan program donor telur. Sang nenek akhirnya hamil, tiga sel telur berhasil dibuahi, namun salah satunya gagal karena persoalan medis.

Melahirkan di usia sangat sepuh, menurut para pakar medis Kanada, sangatlah membahayakan, meski teknologi yang demikian maju sangatlah memungkinkan. Karena itu, klinik fertilitas di sana menolak melakukan terapi kesuburan untuk perempuan di atas usia 50 tahun. ‘’Sebaiknya perempuan memiliki bayi dalam reproduksi yang normal,’’ ujar Dr Cal Greene, ahli kandungan.

Menurut Greene, melahirkan di usia lebih dari separo abad, bukan hanya berbahaya bagi si ibu, tapi juga bayi. Apalagi dikabarkan bahwa Ranjit Hayer didera komplikasi selama kehamilannya, antara lain, diabetes dan tekanan darah tinggi. Tercatat, perempuan tertua di dunia yang melahirkan kembar adalah Omkari Panwar. Dia memiliki bayi pada usia 70 tahun lewat program bayi tabung.(hep/ami/jpnn)

Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com