Kamis, Februari 05, 2009

Gubri Ajukan Proyek APBN 2010

JAKARTA (RP) - Pemerintah Provinsi Riau berupaya sejak jauh hari melakukan pendekatakan kepada pemerintah pusat agar menggelontorkan proyek-proyek infrastuktur APBN 2010 di Riau.

Salah satunya, upaya yang dilakukan Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal SE MP dengan melakukan pendekatakan kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Jusman Syafii Jamal untuk menggolkan proyek-proyek pembangunan infrastruktur bidang perhubungan.

‘’Insya Allah pembahasannya akan dimulai pada 28 Februari ini. Jadi, kita akan berusaha agar program-program pembangunan infrastruktur bidang perhubungan di Provinsi Riau bisa dianggarkan pada APBN 2010 mendatang,’’ ujar Gubri Rusli seusai pertemuan dengan Menhub di Gedung Dephub, Jakarta, Rabu (4/2).

Gubri Rusli Zainal menyebutkan, program pembangunan tersebut meliputi bandar udara (bandara), Ro-Ro, pelabuhan-pelabuhan rakyat dan beberapa program pembangunan bidang perhubungan lainnya baik darat, laut maupun udara. ‘’Riau harus terus memacu pembangunan infrastruktur di bidang perhubungan ini. Karena itu kita minta dukungan dari APBN,’’ tegas Rusli.

Gubri Rusli berharap, pada APBN 2010 mendatang, DIPA yang diterima Riau harus lebih besar dari APBN 2009 yang hanya Rp6,5 triliun. Minimal, tegas Gubri Rusli, sama dengan Sumatera Barat sekitar Rp12 triliun.

‘’Kalau bisa lebih besar. Makanya, kita sekarang membuat usulan sebanyak-banyaknya, namun tentu harus tetap rasional dan proporsional, sehingga bisa diakomodir,’’ ujar Gubri.Sementara Menhub sendiri, seperti diungkapkan Gubri, sangat apresiatif atas upaya yang dilakukan Gubri tersebut. Menhub berjanji akan mengakomodir dan memperjuangkan agar proyek-proyek yang diusulkan tersebut nantinya bisa dianggarkan di APBN 2010.

‘’Sebab kemajuan pembangunan itu kan tidak boleh hanya terpusat di Jakarta atau Pulau Jawa pada umumnya. Pembangunan infrastruktur di Pulau Sumatera seperti di Riau harus juga dipacu dan harus didukung oleh pemerintah pusat,’’ ujar Gubri.(fia)

Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com