Kamis, Februari 19, 2009

PT Sambu Bohong, DPRD Geram

Tanggul Kelapa Tak Kunjung Diperbaiki
TEMBILAHAN – PT Sambu Grup tak kunjung penuhi janji. Padahal, dalam pertemuan di Kantor Bappeda Inhil beberapa waktu lalu, pihak perusahaan berjanji akan memperbaiki tanggul kebun kelapa warga di Desa Tanjunglajau, Kecamatan Kuindra, Inhil. Namun, janji tinggal janji dan tak kunjung ditepati. Tak ayal, sikap perusahaan kopra itu membuat geram pihak DPRD Inhil.

Hal itu terungkap setelah perwakilan warga Desa Tanjunglajau melaporkan sikap PT Sambu Group ke DPRD Inhil. “Pak, tanggul kebun kelapa yang jebol tersebut hingga kini tak kunjung diperbaiki. Kamikan sudah memberikan potongan dari hasil penjualan kopra kepada pihak perusahaan," kata Muhammadiyah, salah seorang warga yang memberi laporan.

Menurut laporan warga, jebolnya tanggul semakin banyak. Itu tentu saja membuat kebun kelapa menjadi rusak dan tidak mendapatkan hasil. Padahal, kesepakatan yang telah dibuat antara pihak perusahaan dengan masyarakat, bahwa 10 persen hasil penjualan kopra dari kebun masyarakat harus disetor ke pihak perusahaan. Sementara dari potongan itu hanya separohnya yang digunakan untuk pemeliharaan tanggul.

Terang saja, pihak perusahaan dinilai tak mau bertanggung jawab. Memang, yang membuat tanggul adalah pihak perusahaan. Tapi, dikhawatirkan kejadian seperti di daerah Sungaiterab terulang. Yakni; pihak perusahaan pergi begitu saja setelah hasil panen kopra tidak memuaskan.

Sikap ingkar janji yang dituntukkan PT Sambu Grup, membuat geram Ketua Komisi B DPRD Inhil HM Yusuf Said. "Pihak perusahaan jangan bertindak seenaknya. Sebab, kerusakan kanal juga dapat merugikan perusahaan, dengan kehilangan bahan baku mencapai 50 persen," katanya.

Untuk itu, Yusuf Said mengingatkan PT Sambu Grup agar segera memperbaiki tanggul dan kanal tersebut.

Dari laporan masyarakat Desa Tanjunglajau, diketahui ada beberapa titik tanggul yang jebol dan ada beberapa kanal yang dangkal. Sehingga untuk mengantarkan kopra memerlukan waktu hingga 12 jam. Padahal sebelumnya hanya sekitar 1 hingga 2 jam.(zai)

Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com