Rabu, Januari 21, 2009

Diajukan, Anggaran Operasional Dua RSU

TEMBILAHAN (RP) - Dinas Kesehatan (Diskes) Indragiri Hilir (Inhil) kembali mengajukan anggaran untuk operasional Rumah Sakit Umum (RSU) Pulau Kijang dan RSU Guntung pada 2009 ini.

Pengajuan anggaran ini sejalan dengan keperluan warga dari Inhil Selatan dan Inhil Utara akan sarana kesehatan yang memadai. Jarak yang jauh bagi warga dua wilayah ini mencapai RSUD Puri Husada merupakan salah satu alasannya. Sehingga kerap terjadi pelayanan kesehatan yang demikian diharapkan warga menjadi tidak dinikmati akibat jarak ini.

Sangat sulit pula bagi warga yang memerlukan pertolongan segera, sedangkan peralatan medis pada dua RSU itu tidak lengkap. Terpaksa warga ini dibawa ke RSUD Puri Husada. Waktu tempuh yang cukup lama demikian menyulitkan, sering upaya pertolongan tidak dapat dilakukan maksimal akibat pertolongan dimaksud lambat diterima.

‘’Operasional dua RSU itu mendesak dilakukan karena merupakan sarana yang diperlukan warga. Kita berharap anggaran untuk operasional dua RSU itu dapat diakomodir sehingga warga dapat menikmati pelayanan kesehatan yang lebih baik,’’ kata Kadiskes Inhil, dr H Irsyal Rusyad SpPD, Selasa (20/1).

Berdasarkan kalkulasi anggaran yang sudah dilakukan instansi ini, dua RSU itu setidaknya memerlukan anggaran sebesar Rp60 miliar untuk dapat berfungsi dengan baik. Anggaran itu digunakan untuk melengkapi peralatan ICU, bedah serta peralatan lain yang diperlukan sebagai pelayanan dasar.

Persoalan listrik pun, kata Irsyal harus ditangani dengan baik, bukan saja berkaitan dengan sambungan ke PLN. Melainkan tiap RSU ini mesti memiliki genset tersendiri sebagai antisipasi jika ada gangguan aliran listrik dari PLN. Peralatan lain seperti ruang perawatan dan perlengkapan lainnya yang sepaket mesti pula tersedia.(yon)

Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com