Kamis, Januari 15, 2009

Pelangiran Belum Selesaikan Program Desa Mandiri

TEMBILAHAN (RP) - Di antara sepuluh desa yang menjadi percontohan pelaksanaan program Desa Mandiri di Indragiri Hilir (Inhil). Hanya Desa Pelangiran Besar, Kecamatan Pelangiran yang belum merampungkan program tersebut.

Berdasarkan data yang ada pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Inhil, pada akhir Desember lalu desa di atas baru merampungkan enam puluh persen kegiatannya. Sebagai percontohan, desa tersebut menerima dana pemberdayaan Rp1 miliar. Proses pembangunan yang dilaksanakan di desa itu diharapkan mampu menjadi contoh bagi desa lainnya.

Setelah dilakukan penelusuran, BPMD Inhil menemukan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terlambatnya proses pelaksanaan program Desa Mandiri di desa bersangkutan. Hambatan itu karena sulitnya medan serta sulitnya material ditambah dengan adanya sejumlah persoalan di lingkungan desa ini. Persoalan internal tersebut ditengarai cukup berpengaruh terhadap pelaksanaan program tersebut.

Apabila tidak selesai sesuai waktu yang ditetapkan, 31 Januari mendatang dana program tersebut diluncurkan kembali pada APBD 2009. Pada 2009, desa dimaksud belum tentu akan tetap menjadi percontohan. Pasalnya BPMD Inhil akan melakukan evaluasi sekaligus penilaian terhadap kinerja setiap desa dalam melaksanakan program tersebut. Nantinya akan ditetapkan kembali sepuluh desa yang menjadi percontohan.

‘’Kita tidak memiliki kewenangan dengan persoalan internal desa bersangkutan. Lain halnya jika berurusan dengan program Desa Mandiri, itu memang menjadi tugas kita. Oleh sebab itu, kami sudah menyarankan kepada desa bersangkutan supaya selekasnya menyelesaikan persoalan yang dihadapi agar pelaksanaan program dapat cepat selesai,’’ ujar Kepala BPMD Inhil, Drs H Said Ismail, Rabu (14/1).

Keterlambatan penyelesaian program oleh desa itu menjadi catatan tersendiri bagi BPMD Inhil. Persoalan itupun diminta menjadi perhatian dari desa lainnya supaya permasalahan serupa tidak terjadi di desa bersangkutan. Apalagi Pemkab Inhil, kata dia sudah fokus mengubah pola pemberdayaan pada 2009 ini. Di mana desa benar-benar diberikan kesempatan mengelola secara terbuka programnya.(yon)

Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com