Kamis, Januari 22, 2009

Warga Mandah Sampaikan Aspirasi

Sekda Tinjau Program Desa Mandiri
Laporan YON WAHYUDI, Tembilahan --
UNTUK memastikan pelaksanaan program Desa Mandiri di pedesaan, Rabu (21/1) Sekretaris Daerah (Sekda) Indragiri Hilir (Inhil), Drs HE Hasyim MH bersama dengan Asisten III, Syamsurizal Awi melakukan peninjauan ke Dusun Ringin, Desa Igal, Kecamatan Mandah.

Peninjauan itu sekaligus untuk memastikan diteruskannya jalan tembus antara dusun tersebut dengan Kelurahan Khairiah Mandah.

Pada 2006 silam badan jalan desa tersebut dibangun dengan dana program padat karya. Pada 2009 ini sebagian di antaranya sudah disemen, namun hanya beberapa ratus meter. Masih terdapat sekitar 3,5 kilometer lagi jalan lingkar tersebut yang belum disemen.

Di hadapan Sekda, warga berharap pada 2009 ini badan jalan yang belum disemen dapat ditingkatkan kualitasnya. Pasalnya jalan ini sangat vital peranannya bagi warga karena merupakan jalan tembus. Lewat jalan inilah, hasil perkebunan warga dipasarkan, di samping menggunakan sarana transportasi air. Jika menggunakan sarana air, mereka sangat tergantung dengan pasang surutnya air laut, sedangkan jalur perhubungan darat tidak demikian halnya.

‘’Apa dan bagaimana aspirasi serta pelaksanaan program ini di lapangan harus kita saksikan secara langsung. Tentu banyak yang akan disampaikan warga, karena ini merupakan program unggulan daerah kita,’’ ujar Sekda.

Dalam peninjauannya itu, Sekda diterima Sekcam Mandah, Yuliargo SP. Menurut Yuliargo, harapan warga agar ruas jalan tersebut terus ditingkatkan senantiasa disampaikan dalam berbagai pertemuan. Oleh sebab itu, ia juga mengharapkan Pemkab Inhil merespon harapan warga ini, supaya peningkatan badan jalan dimaksud dianggarkan.

‘’Pada 2009 ini, warga tetap berkeinginan agar sarana perhubungan yang sangat vital keberadaannya bagi mereka untuk ditingkatkan. Ruas jalan termasuk salah satunya, karena memudahkan warga dalam berhubungan maupun memasarkan hasil buminya,’’ jelas Yuliargo.

Tingginya aspirasi warga akan pelaksanaan program Desa Mandiri tersebut dinyatakan sebagai bukti bahwasanya program itu sangat diperlukan. Oleh sebab itu, bukan hanya pada Kecamatan Mandah saja yang menjadi sasaran kunjungan dan peninjauan Sekda itu. Tetapi desa lainnya yang dinilai perlu untuk disaksikan secara langsung bakal pula ditinjau.(hen)

Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com