Rabu, Januari 28, 2009

OPTIMIS : Indonesia Vs Australia

Laporan JPNN, Jakarta
Lolos ke Piala Asia 2011. Target itu telah dipatok Indonesia. Untuk itu, skuad Merah Putih harus mampu meraup poin saat tandang, dan tentu saja Indonesia wajib memenangkan pertandingan di kandang. Tak terkecuali saat Indonesia menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, malam ini (tayangan langsung RCTI pukul 19.30 WIB)

Kemenangan menjadi hal wajib yang harus diwujudkan. Sebab, dengan kemenangan, maka jalan Indonesia lolos ke Piala Asia 2011 mewakili Grup B bakal menjadi lapang. Apalagi, di laga perdana, Pasukan Garuda sudah sukses menabung satu poin hasil keberhasilan menahan imbang tuan rumah Oman 0-0.

”Sebagai pelatih tentu saya ingin memenangkan pertandingan besok (hari ini, red). Kalau tidak ingin memang, lebih baik saya berselimut sarung saja,” kata Benny Dolo, pelatih Indonesia, kemarin.

Pernyataan Benny itu jelas cukup melegakan. Sebab, sebelumnya dia kukuh hanya memasang target seri melawan Australia. Padahal, publik hanya menuntut kemenangan. Dan sudah sepantasnya memang kalau Benny dan anak asuhnya bertekad mendulang tiga angka. Bukan saja karena kemenangan akan memudahkan langkah Indonesia menggenggam tiket ke Piala Asia 2011.

Namun, hal ini juga lantaran Australia sendiri datang tidak dengan kekuatan utama. Mereka juga masih dilanda kelelahan. Pasalnya, banyak pemainnya yang baru saja menyelesaikan pertandingan di kompetisi Liga Australia pada Ahad (25/1) kemarin. ”Tapi untuk mewujudkan kemenangan, kami tidak boleh lenggak-lenggok saja. Kami tidak boleh meremehkan mereka. Dan yang pasti kami harus tampil lebih baik,” tegas Benny.

”Semoga saja kami bisa melewati pertandingan ini dengan kemenangan dan saya bisa menyumbangkan gol untuk Indonesia,” sambung Budi Sudarsono, striker Indonesia.

Terpisah, meski banyak mengusung muka-muka baru, namun Australia tidak menganggap enteng Indonesia. Pim Verbeek, pelatih Australia, menyebut, kalau memenangkan pertandingan malam ini bukan perkara gampang. Indonesia dipandangnya sebagai lawan yang sulit.

”Jadi tidak ada istilah kami meremehkan mereka. Kenapa kami lebih memakai pemain-pemain ini? Saya pikir mereka merupakan pemain-pemain terbaik yang ada di kompetisi Australia,” kata pelatih asal Belanda tersebut.

Verbeek tetap sangat yakin dengan kemampuan mereka. Karena itu, dia berani memilih mengirim amunisi baru ke Indonesia. ”Tidak ada beban bagi kami, meski tampil tanpa pemain yang bermain di Eropa. Justru ini saat bagi para pemain muda untuk menunjukkan diri,” sebut Craig Moore, kapten Australia. (fim/hbk)

Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com