Senin, Januari 12, 2009

Hamas dan Israel Adu Cerdik

YERUSSALEM (RP) -Serdadu Israel dan militan Hamas yang tengah berlaga di medan tempur Gaza tak hanya adu senjata. Mereka juga adu cerdas lewat trik dan intrik. Hamas mengandalkan terowongan dan ranjau darat, sementara Israel mengandalkan detonator. Apa trik dan intrik lain yang diperagakan kedua prajurit untuk saling merobohkan?

Tak mungkin bagi Hamas berhadapan vis-a-vis dengan militer Israel yang punya senjata otomatis, supercanggih dan tank-tank. Maka, Hamas cenderung menghindari kontak fisik. Untuk merobohkan Israel, dipasang sejumlah jebakan-jebakan mematikan di beberapa titik. Demi menyamarkan identitas, Hamas tak pernah memakai seragam selama konflik, melainkan hanya mengenakan pakaian sipil biasa. Sesekali mereka bakal muncul dari terowongan-terowongan rahasia untuk melumpuhkan serdadu Israel dan menghancurkan tank-tank. Agar aman dari pantauan Israel, beragam jenis senjata disembunyikan di masjid-masjid, pekarangan sekolah atau rumah warga.

Bahkan, berdasar laporan intelijen Israel, petinggi Hamas bersembunyi dan menyiapkan komando perang di bunker bawah tanah persis di bawah rumah sakit terbesar di Gaza. Menurut laporan lain dari jurnalis Israel, dalam sebuah operasi malam di Zeitoun, utara Gaza, Hamas menggunakan jebakan berupa boneka yang sekilas mirip manusia. Dalam tubuh boneka tersebut diisi bom, lalu disandarkan di sebuah bangunan. Bila boneka tersebut ditembak, maka akan terjadi ledakan dahsyat dan gedung seketika bakal roboh. Jebakan tersebut cukup ampuh mematikan langkah Israel.

Agar tak mati konyol terkena intrik Hamas, Israel juga menyiapkan sejumlah strategi. Antara lain, menggunakan rompi berbahan dasar keramik dan helm baja. Itu untuk mementalkan peluru-peluru yang meluncur dari bibir senjata Hamas. Selain itu, setiap unit pasukan, disediakan beberapa anjing pelacak untuk mengendus keberadaan ranjau.(ape/amf)

Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com