Rabu, Januari 07, 2009

Pasokan PDAM Stop Dua Hari

Sejak Ahad (4/1) sampai Selasa (6/1) pagi aliran air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Indragiri terganggu. Air ini ngadat karena tidak adanya pasokan dari sumber air baku di Desa Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu.

Penyebab semua itu karena mesin pembangkit utama perusahaan daerah ini mengalami kerusakan. Akibatnya tidak dapat memasok air. Namun Selasa (6/1) pagi, dinyatakan Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Indragiri Drs Kemas Yusferi MSi, kerusakan mesin tersebut sudah diperbaiki.

Ia menjanjikan pada sore atau paling lambat Rabu (7/1) pagi aliran air kepada pelanggan sudah normal seperti biasa. Kerusakan mesin pembangkit disebutnya karena salah satu komponennya ada yang terbakar, sehingga tidak berfungsi. Teknisi yang ditugaskan melakukan perbaikan, menyatakan kerusakannya tidak begitu parah.

‘’Tadi pagi (kemarin, red) pompa di sungai sudah kita perbaiki. Tinggal sekarang mendistribusikan air kepada pelanggan. Mudah-mudahan keadaan cepat normal. Kerusakan yang terjadi bukanlah karena kesengajaan. Oleh sebab itu kami pun mohon maaf kepada semua warga atas ketidaknyamanan tersebut,’’ ucap Kemas Yusferi, Selasa (6/1).

Penjelasan yang disampaikan Dirut PDAM Tirta Indragiri ini sekaligus jawaban atas pertanyaan sejumlah warga yang tidak mengetahui penyebab matinya aliran air. Pasalnya beberapa warga ada yang sudah habis sama sekali persediaan airnya. Sebagian warga ada yang terpaksa mengambil air pada sumur tetangganya, sebagian lagi terpaksa menunggu aliran air kembali normal.

Bulan lalu, aliran air PDAM Tirta Indragiri juga sempat bermasalah selama beberapa hari. Penyebabnya, pipa transmisi utama patah sehingga aliran air mati sama sekali. Itu memerlukan tekanan yang kuat agar aliran air ini tiba ke semua pelanggan.

Dirut PDAM Tirta Indragiri menegaskan pihaknya senantiasa berupaya maksimal untuk masyarakat. Sebagai perusahaan publik, ia menyadari kinerja perusahaan berdampak luas terhadap warga. Itu sebabnya saat ada kerusakan, dampaknya langsung terasa oleh warga.

‘’Karena itulah kami pun memohon dukungan penuh dari warga supaya kinerja PDAM Tirta Indragiri semakin membaik setiap waktunya. Kami, terus menyempurnakan pelayanan ini, termasuk melakukan investasi baik pemasangan jaringan pipa baru, maupun pembenahan pelayanan untuk efisiensi kehilangan air,’’ ucap Kemas Yusferi.(aga)

Tidak ada komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com